Kilas Balik Credit Union Rahayu

  Berawal dari pertemuan kecil antara Bpk. Hadi Sanyoto, Bpk. Kusnoto, Bpk.Gideon, Bpk Hendro W, menggagas tentang usaha peternakan dan perikanan dengan mengembangkan kelompok tani. Gagasan ini didorong oleh situasi dan masalah ekonomi. Dari pertemuan ini disepakati untuk membentuk kelompok tani. Pada tanggal 1 Juli 2000, diadakan rapat pembentukan kelompok tani yang dihadiri oleh 19 orang warga. Kelompok tani ini akan bergerak dengan kegiatan simpan pinjam dari, oleh dan untuk anggota kelompok. Sebagai modal awal kegiatan, dilakukan iuran dari 8 orang, sehingga terkumpul modal sebesar Rp. 282.000.

  Pada pertemuan lanjutan, tanggal 14 Juli 2000, keberadaan kelompok tani ini dikembangkan menjadi pra koperasi atau CU ( Credit Union ) dengan nama RAHAYU.

  Pada tanggal 20 Juli 2000, RM Sabbas Sudijono, Pastur/Biarawan dari Pasuruan Jawa Timur, memperkenalkan adanya BK3D ( Badan Koordinasi Koperasi Kredit daerah ) Jawa Timur di Malang yang menjadi wadah kerja sama antar koperasi ( Credit Union ) dalam pengembangan organisasi dan kelembagaan, pelayanan silang pinjam, perlindungan simpanan/pinjaman dan sebagainya. Untuk meningkatkan kapasitas pengurus CU Rahayu dalam mengelola organisasi dan usaha pelayanan, dikirimkanlah beberapa orang untuk belajar dan magang di Koperasi Kredit Sawiran.

  Pada bulan Nopember 2000, pengelolaan pelayanan koperasi dilakukan secara harian dengan menugaskan para pengurus secara piket bergilir. Selanjutnya dalam rangka memperkuat organisasi, pra koperasi Rahayu menjalin kerjasama dan menjadi anggota Puskopdit Jawa Timur untuk memperoleh dukungan pendampingan dan permodalan usaha.

  Secara kelembagaan CU Rahayu memperoleh pengakuan dan pengesahan badan hukum koperasi dari kantor Dinas Koperasi pada tahun 2001 dengan BH No : 188.2/02/BH/424.75/2001